Prediksi pertandingan EURO 2008 (Austria vs Polandia)

vs  

Partai lanjutan Grup B Euro 2008 di Stadion Ernst-Happel, Wina, Jumat (13/6) dini hari WIB, ini memang mempertemukan dua tim yang sama-sama berada di ujung tanduk. Ya, Austria dan Polandia sama-sama butuh kemenangan untuk memperpanjang napas mereka. Austria boleh kalah pada pertandingan pertama saat berhadapan dengan Kroasia, tapi penampilan mereka menuai decak kagum. Kalah materi pemain, semangat tempur tim asuhan Josef Hickersberger mampu merepotkan lini pertahanan lawan. Kalau saja keberuntungan memihak, bukan mustahil satu poin berada di kantong Austria.

Oleh karena itu, Andreas Ivanschitz dkk diperkirakan terpacu untuk mengalahkan Polandia pada lanjutan babak penyisihan Grup B, Jumat dinihari nanti. Kekalahan memastikan Austria mengikuti jejak sesama tuan rumah, Swiss, yang gulung tikar. Tidak mudah, karena Polandia memiliki ambisi serupa setelah pada laga pertama ditundukkan Jerman 0-2, Senin dinihari lalu.

Hickersberger harus menemukan formula paten guna meredam permainan ngotot Polandia. Gelandang Ivica Vastic yang merupakan pemain tertua dalam turnamen kali ini kemungkinan masuk ke dalam starting line-up. Vastic akan ditemani Ivanschitz yang juga menjabat ban kapten. Di belakang tidak boleh ada lagi keteledoran yang membuat wasit menunjuk titik putih. Hickersberger sendiri menyadari bahwa kekalahan bisa berarti melukai hati jutaan warga austria. Tentu saja, kekalahan akan sangat mengecewakan kami, tidak hanya untuk tim dan pemain tetapi juga seluruh orang Austria”. Ujarnya pada Reuters.

“Ini duel penentuan. Demikian pula bagi Polandia. Sekarang atau tidak sama sekali. Kami harus mengalahkan mereka. Kami harus siap mengambil resiko sejak menit pertama,” ujar pelatih Austria Josef Hickersberger. Ketajaman lini depan juga menjadi problem yang harus dibenahi oleh Hickersberger. Walau demikian, ia nantinya tetap akan mengandalkan duet Roland Linz dan Martin Harnik. Dengan suntikan kepercayaan diri keduanya bisa saja menjebol gawang Polandia yang dijaga Artur Boruc.

Di Polandia, pelatih Leo Beenhakker menyadari betapa faktor tuan rumah bisa sangat menentukan. Tapi Beenhakker lebih dari cukup membawa pemain dengan kualitas untuk memenangkan pertandingan pertamanya di kancah Euro. Apa yang diharapkan Hickersberger serupa dengan Beenhakker. Pelatih asal Belanda itu membutuhkan penyerang yang bisa menjadi penentu kemenangan. Sejatinya, Polandia memiliki penyerang mumpuni di diri Ebi Smolarek yang memuncaki daftar top skorer di babak kualifikasi Grup A dengan sembilan gol. ancaman terjadi pada Polandia yang harus mengatasi krisis menyusul absennya kapten Maciej Zurawski yang cedera paha cukup parah. Zurawski baru bisa dimainkan bila Polandia lolos ke perempat final. Absennya Zurawski mendorong pelatih Leo Beenhakker untuk melakukan perubahan dalam skuadnya. Ia juga berharap tim melupakan kekalahan 0-2 dari Jerman.

Roger Guerreiro diperkiarakan bakal masuk ke dalam starting eleven setelah bermain gemilang sebagai pemain pengganti. Guerreiro juga bisa dijadikan pelapis jika Maciej Zurawski benar absen lantaran didera cedera paha. Di sektor belakang, Beenhakker bakal mendapat banyak masukan dari Jacek Bak karena defender gaek ini bermain di klub Austria Vienna.

Jika mampu menjaga tempo permainan dan pressing ketat, Polandia diperkirakan meraih kemenangan dan membuka peluang untuk mencapai babak perempatfinal pada penampilan debutnya. Gelandang kelahiran Brasil Roger Guerreiro diproyeksikan untuk menggantikan Zurawski. Bersama pemain sayap Wojciech Lobodzinski, ia bisa melapis lini depan untuk mendobrak pertahanan Austria yang tampil solid saat menghadapi Kroasia.

Sumber (Kompas, inilah.com, liputanbola.com, detiksport).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s