Prediksi pertandingan EURO 2008 (Kroasia vs Jerman)

VS

Timnas Jerman bakal menghadapi Kroasia pada laga kedua babak penyisihan Grup B di Stadion Worthersee, Kamis (12/6/2008). Pelatih Der Panser Joachim Loew menegaskan jika pasukan Slaven Bilic itu merupakan tim yang berbahaya. Pada laga pembuka Grup B Euro 2008, Jerman boleh melewati hadangan Polandia dengan mudah. Jerman menang 2-0. Kedua gol diborong Lukas Podolski, anak muda Jerman berdarah Polandia. Tapi, kemudahan seperti itu tak bakal bisa dikecap Der Panzer ketika meladeni Kroasia di Stadion Worthesee, Klagenfurt, Kamis (12/6). Memang, dari segi kasta, Jerman jauh di atas Kroasia. Jerman sudah mengoleksi mahkota Piala Dunia dan Euro, sedangka Kroasia belum mempunyai gelar dalam kejuaraan piala dunia maupun Piala Eropa.

Kroasia, sekali lagi, jelas tak bisa dianggap remeh. Selain berbekal kualitas permainan bergaya Eropa Timur yang ulet, kenyal, dan taktis, mereka juga punya rekor pertemuan yang terbilang oke dengan Jerman. Di Euro 1996, Kroasia kalah 1-2 dari Jerman. Dua tahun kemudian, di perempat final Piala Dunia 1998, tak kepalang tanggung Kroasia membantai Jerman 3-0. Kali ini, pasukan Slaven Bilic pun datang sebagai tim ‘kuda hitam’ yang siap menjungkalkan lawan-lawannya, termasuk Jerman. Pembuktian awal sudah mereka hamparkan ketika membungkam tuan rumah Austria 1-0. Hasil itu tentu tidak buruk-buruk amat. Hanya, kini, Bilic harus putar otak untuk mencari pemain yang pas sebagai pengisi posisi di lini depan menyusul absennya Eduardo da Silva. “Kami tidak takut menghadapi Jerman. Jika mampu menunjukkan permainan terbaik, kami berpeluang mengalahkan mereka,” tandas Rakitic. Selain itu, kinerja para gelandang juga tak terlalu memuaskan. Padahal, mereka akan bertarung dengan lini tengah terbaik di Eropa yang dimotori kapten Michael Ballack. Jika pelatih Joachim Loew mempertahankan Podolski di tengah, lini itu bakal makin menggila seperti saat menghadapi Polandia.

Jerman tampaknya memang tak boleh meremehkan Kroasia. Torehan prestasi dengan mengalahkan Inggris dua kali saat merebut tiket ke putaran final menunjukkan Kroasia harus diwaspadai. “Kroasia akan menjadi ujian yang sesungguhnya bagi kami. Mereka tim yang bermain ofensif, sangat berambisi memenangkan trofi juara. Mereka juga dua kali mengalahkan Inggris di babak kualifikasi. Itu bukti mereka akan menjadi lawan berat bagi kami, Kami bisa mengetahui sejauh mana kekuatan kami yang sesungguhnya seusai pertandingan melawan Kroasia. Kami harus meningkatkan kemampuan kami untuk mengalahkan mereka” kata Ballack.

Dengan mempertahankan formasi tim, Loew berharap bisa melanjutkan sukses dengan memastkan merebut tiket ke perempat final. Duet Miroslav Klose dan Mario Gomez akan dipertahankan meski gagal mencetak gol. “Jika ada perubahan, tentu tidak akan banyak. Paling hanya satu atau dua pemain yang diganti. Apalagi, pemain muda kami juga berlatih keras agar bisa masuk tim inti,” ujar Loew. Persoalannya, Jerman akan menghadapi benteng pertahanan yang tangguh. Bahkan, lini belakang Kroasia dinilai yang terbaik dibandingkan sektor lainnya. Dimotori bek veteran Robert Kovac, mereka sangat disiplin mengawal daerah pertahanannya. Butuh kesabaran untuk membongkar pertahanan Kroasia. Loew mengakui Kroasia punya potensi jadi penghalang langkah ke perempat final. Kroasia punya sederet pemain ekselen yang tahu kapan saatnya mengajak lawan bermain cepat dan tempo lambat. Hal ini yang sulit dilakukan Der Panzer. Di tengah, Michael Ballack bakal bahu-membahu dengan Torsten Frings. Loew juga sepertinya tidak akan mengambil resiko untuk menurunkan sekaligus tiga penyerang seperti partai versus Polandia. Lukas Podolski kembali ke khitah untuk berduet dengan Miroslav Klose, sedangakan gelandang kiri dimainkan oleh Bastian Schweinsteiger. Podolski sudah bersinar, kini giliran Klose?

Jerman akan menurunkan formasi 4-4-2 dengan gelandang Schweinsteiger dan lukas Podalski memiliki kemampuan menyerang cukup tinggi sehingga jerman akan bermain lebih offensif, sesuai dengan keinginan Ballack. Duet penyerang Mirovlas Klose dan Mario Gomez akan didukung oleh kurtet lini tengah Ballack, Torsten Frings, Schweinsteiger, dan Podolski.

Nah, pada pertandingan Kroasia vs Jerman dipresiksi dengan prosentase 40% – 60%. dengan argumentasi kompasisi pemain jerman lebih tajam dalam penyerangan baik lini depan maupun lini depan, dan mental juara jerman yang selalu memotivasi kekuatan tim.

Sumber (Kompas.com, inilah.com, liputanbola.com, detiksport).

3 thoughts on “Prediksi pertandingan EURO 2008 (Kroasia vs Jerman)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s