Prediksi pertandingan EURO 2008 (Italy vs Rumania)

vs 

Italia akan menghadapi pertarungan hidup-mati menghadapi Rumania, Jumat (13/6) di Stadion Letzigrund, Swiss. Jika Italia gagal memetik kemenangan atas Rumania, tim ”Azzuri” akan kehilangan tiket menuju babak perempat final. Di Grup C, hanya Italia yang memperoleh poin nol.

Pelatih Italia Roberto Donadoni optimistis Italia mampu keluar dari situasi sulit setelah dibantai Belanda, 0-3. Italia pernah menghadapi situasi kritis seperti saat ini dan berhasil membalik keadaan. Impian mereka mengawinkan gelar juara Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2008 pun harus dikubur. Kekalahan telak 0-3 dari Belanda dalam laga perdana mereka di Grup C, Senin (9/6), membuat Italia berada di posisi kritis. Melawan Rumania menjadi awal perjuangan skuad Gli Azzurri buat mempertahankan napas di putaran final Piala Eropa kali ini. Setelah itu mereka masih harus bertarung melawan musuh bebuyutannya, Prancis, Selasa (17/6) pekan depan. Keharusan menang atas Rumania disadari benar oleh para pemain Italia. Bek kanan Gianluca Zambrotta (31) menyatakan, menghadapi Rumania timnya tidak punya pilihan selain mesti menang. “Melawan Rumania nanti, kami harus menang. Sangat vital bagi kami untuk memberikan penampilan terbaik buat menguasai bola sebelum lawan lebih dulu menguasai bola. Kami hanya tertarik dengan hasil berupa kemenangan,” ujar Zambrotta. “Tidak ada pemain tim kami yang minta pelatih lain buat menggantikan Donadoni sekarang ini. Kami justru akan pasang badan buat melindungi pelatih dan kami akan terus berusaha memperbaiki permainan kami,” tutur Zambrotta yang bersinar namanya sejak memperkuat Juventus pada tahun 2001 sebelum hijrah ke Barcelona pasca Piala Dunia 2006. Tapi perjuangan Italia bakal berat karena selain punya lini belakang yang tangguh dan solid, Rumania juga punya Cristian Chivu yang menjadi jangkar di lini tengah. Selain itu, lini depan yang ditempati Adrian Mutu bisa merepotkan barisan bek Italia yang agak lambat pergerakannya dalam menghadang bola-bola cepat. “Bukan kebetulan mereka membuat Prancis kesulitan. Saya pernah mengatakan ketika semua orang membicarakan Italia, Prancis, dan Belanda, untuk memperhatikan Rumania. Mereka tim tangguh dengan kemampuan teknik dan fisik yang bagus,” kata Donadoni pula.

Dari kubu Rumania, kekalahan Italia atas Belanda merupakan hal yang menguntungkan. Bek Rumania, Cosmin Contra, mengatakan, kekalahan dari Belanda menyebabkan tekanan terhadap Italia untuk menang semakin besar. ”Italia berada di bawah tekanan. Kalau Italia kalah melawan Rumania, kemungkinan mereka akan tersingkir. Jadi, semua tekanan ditujukan pada Italia,” ujar Contra. Menurut Contra banyak tim yang nasibnya tergantung pada hasil pertandingan Italia-Romania. Bagi Rumania, menang atau seri atas Italia akan memperbesar peluang Rumania ke perempat final. Contra menuturkan, kekalahan Italia telah meningkatkan rasa percaya diri pemain Rumania. Tim Rumania berpeluang membuat kejutan besar.

Perang Strategi

Menghadapi kiper sekelas Edwin van der Sar, seharusnya Italia bermain lebih menyerang di babak pertama dan Del Piero ditunjuk sebagai starter. Hal itu berarti Italia kembali ke pola lama, 4-4-2, yang sudah ditinggalkan Donadoni atau memainkan Cassano dan Toni di depan Del Piero.

Posisi bek Marco Materazzi yang menggantikan Fabio Cannavaro lebih baik diisi Giorgio Chiellini dan Fabio Grosso digeser ke posisi bek kiri. Posisi bek Gianluigi Zambrotta, yang selalu dipertahankan Donadoni, sebaiknya digantikan oleh Christian Panucci. Secara hitungan di atas kertas, peluang Italia buat menaklukkan Rumania cukup besar. Syaratnya, tim asuhan Donadoni harus menurunkan komposisi pemain yang tepat. Selain itu, pola permainan Gli Azzurri juga tidak boleh salah lagi seperti kala menghadapi Belanda. Kalau mau mencoba mempertajam serangan, Italia mesti berani mengubah komposisi pemain starter dengan menurunkan Alessandro Del Piero dan Luca Toni sebagai duet striker. Antonio Di Natale tergeser ke bangku cadangan. Sedangkan di lini tengah, saatnya Daniele De Rossi dan Simone Perrotta dimainkan buat mengisi tempat Massimo Ambrosini dan Mauro Camoranesi yang tampil buruk saat dibantai Belanda. Untuk lini belakang, duet Christian Panucci dengan Andrea Barzagli tampak lebih solid dibandingkan Barzagli dengan Marco Materazzi. Di posisi bek kiri, Fabio Grosso bisa menambah kuat pertahanan sekaligus memperkuat daya gedor tim Italia buat membongkar pertahanan kuat Rumania yang dikomando Dorin Goian.

“Haapan saya, semua orang tampil dengan kemampuan maksimal. Kami membutuhkan penampilan sebaik mungkin. Kami takkan mendapatkan 100% dari Del Piero jika yang lainnya tak memberikan 100%,” tutur Donadoni.

Persiapan Rumania tidak kalah sigap. Pelatih Victor Piturca yakin timnya bakal tampil lebih lepas dibanding Gli Azzuri. “Italia lebih membutuhkan kemenangan dibanding kami,” kilah Piturca. “Mereka lebih difavoritkan. Sementara kami hanya ingin menampilkan yang terbaik untuk mencapai babak knock-out.”

Adrian Mutu yang belum menunjukkan tajinya akan tetap menjadi tumpuan dalam menjebol gawang Buffon. Pengalaman menghadapi Andrea Barzagli dkk akan sangat membantu dirinya dan skuad Rumania secara keseluruhan. Mutu menyatakan Tricolorii tidak akan segan-segan untuk keluar menyerang. Cristian Chivu tetap menjadi jenderal lapangan. Ia akan berperan sentral sebagai penyeimbang di barisan tengah serta mengantarkan ketidaknyamanan untuk Pirlo dkk. Penampilan impresif Belanda di laga perdana tak ayal menjadi rujukan Rumania. Piturca juga sepatutnya memberi kesempatan pada striker 22 tahun, Ciprian Marica.

Sumber (Liputan6.com, inilah.com, Kompas, bolaeropa)

2 thoughts on “Prediksi pertandingan EURO 2008 (Italy vs Rumania)”

  1. kayanya feeling gw italy menang lawan rumania skor akhir 2-0 buat italy. Ayo italy kasih liat Juara dunia pasti bisa juara euro 2008 (yang buat gol LUCA TONI sm ANDREA PIRLO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s